5 Cara Melindungi Smartphone Dari Pencurian dan Kehilangan Data

Thursday, December 15th, 2016 - Android, Cara Membuat

Cara Melindungi Smartphone Android Dari Pencurian dan Kehilangan Data – Cara Melindungi Smartphone Dari Pencurian Dan Kehilangan Data, Seiring dengan kemajuan teknologi, nyatanya memang membawa dua sisi. Sisi positifnya, segala aspek kebutuhan akan akses informasi maupun komunikasi bisa terpenuhi. Akan tetapi di sisi negatifnya, hal ini pun bisa menjadi salah satu celah bagi sebuah tindak kejahatan. Saat ini sudah marak pencurian database dalam sebuah perangkat smartphone. Biasanya ini terjadi dengan menggunakan virus sebagai perantaranya. Selain dengan virus, biasanya pencurian data bisa terjadi ketika sedang menggunakan wifi tanpa proteksi.

Cara Melindungi Smartphone Android Dari Pencurian dan Kehilangan Data

Cara Melindungi Smartphone Android Dari Pencurian dan Kehilangan Data

Biasanya penggunaan wi-fi menjadi salah satu titik masuknya virus malware. Hal ini dikarenakan berpotensi mencegah transmisi data internet. Untuk itu, tentu saja anda memerlukan cara agar smartphone anda aman dari pencurian dan kehilangan data. Banyak cara yang bisa anda lakukan mulai dari mematikan peta pada ponsel hingga memasang aplikasi antivirus. Dan berikut ini merupakan beberapa cara melindungi smartphone dari pencurian dan kehilangan data.

Baca juga:

Cara Melindungi Smartphone Android Dari Pencurian Dan Kehilangan Data

1. Back Up data privasi

Back Up data privasi

Back Up data privasi

Dengan melakukan cara ini, tentu anda akan terhindar dari potensi kehilanagan data. Hal ini selain bisa melindungi smartphone anda dari ancaman pencurian data, tentu dengan melakukan back-up data, anda akan lebih mudah dalam mengamankan data anda manakala anda ingin ganti HP yang baru. Anda bisa melakukan backup data sebulan atau lebih baik satu minggu sekali.

2. Memasang aplikasi antivirus serta aplikasi anti maling

aplikasi antivirus serta aplikasi anti maling

aplikasi antivirus serta aplikasi anti maling

Antivirus dan aplikasi anti maling memang menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk melindungi data di smartphone anda dari resiko pencurian maupun kehilangan. Anda bisa memilih aplikasi antivirus serta anti maling misalnya seperti 360 security cleaner. Keamanan data pun akan terjaga dengan aplikasi tersebut. Selain itu, jika anda mengalami pergantian SIM card, maka otomatis aplikasi ini akan mengirimkan sms ke nomer yang sebelumnya anda telah setting terlebih dahulu.

3. Mencatat identitas smartphone

Mencatat identitas smartphone

Mencatat identitas smartphone

Hal ini juga sangat penting untuk dilakukan, biasanya dalam setiap smartphone ada sebuah identitas berupa kode seerti ESN, MEID, IMEI dll. anda bisa mengetahuinya didalam perangkat baterai smartphone anda. hal ini sangat perlu, jika anda kehilangan smartphone, tentu akan mudah melacaknya, dengan bantuan pihak berwajib dari identitas smartphone yang anda berikan.

4. Matikan peta pada ponsel

Matikan peta pada ponsel

Matikan peta pada ponsel

Jika peta lokasi keberadaan anda diaktifkan, maka akan membuat orang lain lebih mudah melacak keberadaan anda, hal ini juga akan rentan sekali dengan pencurian data serta tindak kejahatan yang lainnya. Misalnya jika anda memposting foto ke akun media sosial seperti facebook ataupun twitter, maka dengan layanan peta ponsel yang aktif, tentu orang-orang akan mudah mengesktrak data informasi keberadaan anda. maka dari itu, sebaiknya anda menonaktifkan layanan peta pada ponsel anda, untuk berjaga-jaga pada kemungkinan yang lebih buruk

5. Menggunakan Passcode

Menggunakan Passcode

Menggunakan Passcode

Smartphone memang saat ini sudah lebih luas fungsinya, yaitu juga sebagai tempat menyimpan hal-hal yang sifatnya privasi. Maka dari itu, ada baiknya jika anda menggunakan password untuk mengunci layar smartphone anda. untuk mensetting passcode pada smartphone, anda bisa pergi ke menu setting, lalu pilih keamanan, anda bisa memilih berbagai macam tipe pengamanan seperti dengan PIN, atau pola kunci layar.

Demikian beberapa 5 Cara Melindungi Smartphone Dari Pencurian dan Kehilangan Data. Jadi dengan melakukan langkah antisipasi terlebih dahulu diharapkan data pada smartphone anda tidak akan hilang ataupun tercuri. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms: