Cara Membuat Loading Blog Ringan Super Cepat

Sunday, October 12th, 2014 - Blog
Cara Membuat Loading Blog Ringan Super Cepat

Sebagai admin blog kita tentunya menginginkan mempunyai blog yang bagus dan mempunyai loading super cepat. Mengapa? karena pengunjung akan lebih nyaman membuka setiap halaman di blog kita, ini wajar saja.

Loading blog menjadi salah satu faktor penting dari banyaknya faktor agar blog menjadi baik. Jika blog kita mempunyai loading yang cepat atau ringan, seperti yang sudah saya bilang diatas bahwa pengunjung akan lebih nyaman berpindah dari satu halaman ke halaman yang lain.

Selain itu katanya loading blog juga berpengaruh terhadap search engine. Search engine lebih suka terhadap blog yang mempunyai loading yang cepat. Dan pengunjung juga akan lebih betah berada di blog yang mempunyai loading ringan.

Untuk membuat loading blog ringan super cepat tidak sesulit yang dibayangkan, dengan melakukan beberapa langkah kita sudah bisa membuat loading blog berubah signifikan menjadi cepat. Sebelumnya Anda bisa mengecek loading blog Anda di PageSpeed Insights yang disediakan oleh Google.

Berikut ini contoh loading blog pusat cara:

loading cepat

Di gambar tersebut tertera bahwa loading blog pusat cara versi Desktop yaitu 96 dari 100. Ada beberapa faktor yang perlu kita optimasi agar loading blog kita ringan dan super cepat. Mari simak selengkapnya cara membuat loading blog ringan super cepat dibawah ini.

Cara Membuat Loading Blog Ringan Super Cepat

1. Jangan Gunakan Gambar Sebagai Background
Faktor utama yang paling mempengaruhi loading blog yaitu gambar, lebih baik hindari penggunaan gambar sebagai background blog, karena jika kita menggunakan gambar sebagai background blog maka akan menjadikan loading blog kita menjadi berat. Contohnya seperti blog pusat cara yang tidak menggunakan gambar untuk background blog.
2. Ukuran Gambar
Masih seputar gambar, ukuran gambar juga berpengaruh terhadap loading blog. Jika ukuran gambar besar maka loading blog akan semakin berat, begitupun sebaliknya. Cara agar ukuran gambar kecil Anda bisa mengkompres gambar terlebih dahulu. (Baca: Kompres Ukuran Gambar Dengan RIOT), setelah di kompres baru upload gambar.
3. Upload Gambar Sendiri
Mungkin akan lebih menarik dan seo jika kita menaruh gambar di setiap artikel blog, tetapi jangan sampai Anda menggunakan gambar artikel dengan mengcopy atau tidak menguploadnya sendiri. Misalnya Anda gunakan url gambar milik orang lain, lebih baik upload gambar sendiri.
4. Penggunaan CSS Seperlunya
CSS atau Cascading Style Sheets digunakan untuk mempercantik tampilan blog, hindari penggunaan css yang berlebihan di blog, karena akan menambah berat loading blog sehingga pengunjung merasa tidak nyaman. Caranya yaitu jangan terlalu wahhh dalam mendesain template sehingga menggunakan banyak css.
5. Upload Script Sendiri
Nah ini juga salah satu faktor yang cukup penting agar loading blog ringan super cepat, caranya yaitu kita upload script yang digunakan di blog kita sendiri, kita bisa menguploadnya di Google Drive, Google Code, atau di hosting lain. Karena jika blog kita menggunakan script orang lain, maka script yang digunakan bersama-sama akan berat jika dibuka.
6. Iklan Secukupnya
Mungkin dari kita ada yang membuka slot iklan di blog, usahakan tidak terlalu banyak memasang iklan di blog karena akan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loading blog. Memasang iklan secukupnya saja karena ini juga mempengaruhi kenyamanan pengunjung.
7. Desain Blog Secukupnya
Terkadang dalam mendesain blog kita lupa menggunakan terlalu banyak css, html, dan gambar yang berlebihan. Desain boleh bagus, tetapi perhatikan juga kenyamanan pengunjung, karena kita pasti menginginkan pengunjung blog kita banyak.
Begitulah Cara Membuat Loading Blog Ringan Super Cepat dari pusat cara dan semoga dengan menerapkan cara diatas loading blog Anda akan menjadi lebih ringan dan super cepat sehingga membuat pengunjung lebih nyaman dan betah di blog.

Incoming search terms:

Cara Membuat Loading Blog Ringan Super Cepat | admin | 4.5