Cara Memperbaiki Aki Kering yang Rusak

Sunday, May 17th, 2015 - Tips

Cara Memperbaiki Aki Kering.  Semua barang tentunya akan bisa mengalamai mengalami kerusakan tidak terlepas pula dengan yang namanya aki kering, Faktor penyebabnya pun berbeda-beda ada yang mengalami kerusakan dikarenakan cara pemakaian yang salah seperti konsleting atau bisa juga karena memang aki kering yang anda gunakan sudah terlalu tua atau emang sudah waktunya rusak.

Yang menjadi kelebihan utama dari aki kering kita tidak perlu melakukan perawatan khusus secara agar dia bisa bertahan lebih lama. Aki kering sendiri hanyalah penyebutan kebanyakan orang di Indoneisa untuk aki yang free maintenance/bebas perawatan, tidak seperti aki basah yang selalu harus kita teliti air aki jangan sampai kurang dari batas minimum.

Pada dasarnya aki kering maupun aki basah itu sama-sama menggunakan menggunakan cairan kimia yakni H2SO4, jika kondisi kerusakan aki kering anda memang karena disebabkan kekuarang cairan tersebut maka tingkat keberhasilan trik ini akan lebih baik.

Aki sebagai salah satu komponen yang sangat penting untuk motor dan juga mobil yang kegunaannya untuk pengapian kalau udah rusak, akan membuat kita kesusahan untuk menyalakan motor.  Lalu apakah aki kering bisa diperbaiki ? jawabannya masih bisa kok, daripada langsung membeli baru gak ada salahnya kan untuk mencoba trik yang satu ini.

Cara Memperbaiki Aki Kering yang Rusak

Cara Memperbaiki Aki Kering yang Rusak

Sebelumnya anda memperbaiki aki kering anda yang sudah soak ada baiknya untuk menyiapkan terlebih dahulu beberapa peralatan yang nantinya akan digunakan seperti :

  • Obeng Min
  • Suntikan
  • Air aki untuk pengisian baru seperti Accu Zuur atau Aki Sir.  Ingat jangan gunakan cairan aki untuk penambahan

Setelah semua peralatan sudah siap, langsung praktek aja ya semoga tidak ada kesalahan oke:

  1. Lepaskan dulu aki kering dari rangkaian sepeda motor anda.
  2. Setelah itu dengan menggunakan obeng min bukalah penutup aki kering, penutupnya memang rapat dan oleh pabriknya tutup aki tersebut di lem jadi harus sedikit sabar untuk membukanya
  3. Setelah penutup aki terbuka selanjutnya, bula lagi tutup lubang aki kering yang penutupnya menggunakan karet.
  4. Dengan menggunakan suntikan isikan air Accu Zuur sampai kira-kira kurang lebih 1 cm dari mulut lubaang aki.  Jadi jangan sampai penuh banget.
  5. Setelah sebuah lubang sudah terisi, tutup kembali lubang aki dan juga penutup aki setelah itu kita pasangkan kembali aki kering yang sudah diperbaiki ke dalam rangkaian sepeda motor.
  6. Kalau udah selesai semua.  Nyalakan dulu sepeda motor anda namun jangan pakai starter dulu ya pakai injak kaki dulu tunggu sampai kira-kira 15-20 menitan kemudian matikan sepeda motor
  7. Testing nyalakan motor anda dengan starter kalau bisa dinyalakan berarti aki kering anda sudah siap untuk melayani juragannya kembali.
Jika trik diatas berfungsi mungkin juga tidak akan bertahan lama aki kering anda akan kembali rusak, trik ini akan berguna kalau pada saat aki rusak keadaan keuangan masih belum bisa untuk membeli yang baru kalau udah punya uang sih sebaiknya membeli yang baru.
Semoga trik ini dapat membantu.

Incoming search terms:

Cara Memperbaiki Aki Kering yang Rusak | admin | 4.5