4 Cara Mengatasi SD Card Eror Tidak Bisa di Format

Tuesday, December 6th, 2016 - Android, Cara Membuat, Tips

4 Cara Mengatasi SD Card Eror Tidak Bisa di Format – Apa yang akan Anda lakukan saat hendak membuka SD Card tiba-tiba ada pemberitahuan bahwa SD Card eror dan harus diformat? Setelah hendak diformat, ternyata SD Card tersebut malah tidak bisa diformat. Hal ini tentu sangat menjengkelkan. Apalagi jika posisinya saat itu Anda sedang benar-benar membutuhkan kartu SD tersebut. Kejengkelan Anda pun akan naik level. Berdasarkan hal tersebut, ulasan kali ini akan membahas tuntas 4 cara mengatasi SD Card eror tidak bisa diformat. Empat cara ini bisa Anda ikuti untuk menyelamatkan kartu SD Anda. Meskipun file-file di dalam kartu memori tersebut tidak bisa diselamatkan, setidaknya Anda masih bisa menggunakan kartu memorinya.

4 Cara Mengatasi SD Card Eror Tidak Bisa di Format

1. Dengan Menggunakan HP USB Disk Storage Format Tool

HP USB Disk Storage Format Tool

HP USB Disk Storage Format Tool

4 cara mengatasi SD Card eror tidak bisa diformat yang akan dijelaskan berikut ini diawali dengan memanfaatkan aplikasi yang bernama HP USB Storage Format Tool. Aplikasi ini bisa menyelamatkan kartu memori Anda yang error dan tidak bisa diformat. Caranya adalah dengan mengunduh aplikasi HP USB Disk Storage Format Tool pada PC atau Komputer Anda. setelah itu, silahkan untuk menghubungkan memori Slot SD dengan perangkat laptop atau komputer Anda. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu akses top user serta Run As Administrator untuk membuka. Pilih posisi kartu memori (biasanya di file Local Disk F). Kemudian, pilihlah FAT. Setelah itu, tekan tombol start hingga proses selesai. Cara ini bisa digunakan untuk berbagai jenis kartu memori, baik micro SD, macro SD, bahkan Flashdisk.

Baca juga:

2. Dengan menggunakan komputer tanpa aplikasi

format sd card lewat komputer tanpa aplikasi

format sd card lewat komputer tanpa aplikasi

Untuk cara ini, yang Anda lakukan pertama kali adalah dengan memasukkan memori SD ke Card Reader kemudian pasangkan ke komputer. Setelah itu, carilah drive SD pada perangkat komputer Anda. Kemudian klik kanan pada driver kartu memori SD, dan pilih format. Lalu, gantilah sistem dengan menggunakan FAT. Lalu checklist bagian “Quick Format”. Setelah itu, tekanlah tombol “start” dan tunggulah sampai proses format selesai. Kemudian ejek slot kartu memori SD dari perangkat komputer.

3. Dengan Menggunakan Properties

Dengan Menggunakan Properties

Dengan Menggunakan Properties

4 cara mengatasi SD Card eror tidak bisa diformat selanjutnya adalah dengan memanfaatkan properties pada laptop atau komputer. Caranya hampir sama dengan cara ketiga. Pertama-tama, masukkan kartu memori ke card reader kemudian pasangkan ke komputer. Lalu, klik kanan pada drive memori SD, dan pilih properties. Selanjutnya pilih “tools” dan pilih “check Now”. Kemudian centang bagian “Scan for and attempt recovery of bad sectors” dan centang juga bagia “automatically sistem for error”. Setelah itu, klik start dan pastikan semua proses format ini selesai.

4. Menggunakan Command Prompt

Command Prompt

Command Prompt

Cara terakhir dari 4 cara mengatasi SD Card eror tidak bisa diformat adalah dengan menggunakan Command Prompt. Caranya sangat mudah. pertama, masukkan memori SD ke card reader kemudian pasangkan ke laptop atau komputer. Setelah itu, carilah drive memorinya. Setelah itu klik start, run, dan ketik CDM. Pada proses ini, kemudian akan muncul tab Command Prompt. Setelah itu, ketik format i:/FS:FAT. Kode (i) merupakan memori SD yang akan diformat. Bila drive kartu SD berada di G, maka formatnya berubah menjadi G:/FS:FAT. Pastikan proses format selesai.

Demikian adalah cara mudah untuk mengatasi kartu memori yang tidak bisa diformat. 4 cara mengatasi SD Card eror tidak bisa diformat yang dijelaskan di atas diharapkan bermanfaat untuk Anda dalam menemukan solusi format sd card anda yang rusak. semoga berhasil 🙂

4 Cara Mengatasi SD Card Eror Tidak Bisa di Format | admin | 4.5