Mengetahui Manfaat Daun Pepaya

Mengetahui Manfaat Daun Pepaya

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi mendengar nama pepaya, dan pasti Anda sudah pernah mencoba memakan buah pepaya. Rasa buah pepaya enak karena manis dan gurih, tetapi ternyata selain buahnya yang banyak manfaat untuk tubuh, daun pepaya pun ternyata mempunyai segudang manfaat.

Daun pepaya biasanya sering digunakan sebagai lalap makanan menemani sambal, dan ternyata daun pepaya bukan saja hanya sebagai lalap, melainkan sudah dari jaman dulu daun pepaya sudah dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit.

Selain daun pepaya, akar dan getah pepaya juga tak jarang digunakan sebagai obat. Bahkan bagian yang mungkin tidak Anda sangka, yaitu biji yang dapat untuk mengatasi cacingan. Ditambah bunganya yang sering dijadikan masakan.

Pada artikel sebelumnya saya juga pernah membahas tentang manfaat daun singkong (Baca: Kandungan dan Manfaat Daun Singkong) dan apa sajakah kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun pepaya, serta seberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan, mari kita simak dibawah ini.

Mengetahui Manfaat Daun Pepaya

Menghilangkan Jerawat
Ini biasanya masalah utama bagi para remaja, yaitu masalah jerawat. Nah bagi Anda yang sedang berniat menghilangkan jerawat, tidak ada salahnya juga memanfaatkan daun pepaya. Caranya yaitu dengan mengambil 2 lembar daun pepaya yang sudah tua kemudian jemur sampai kering dibawah sinar matahari, lalu tumbuh hancur daun pepaya kering dan oleskan bubuk di bagian wajah dan biarkan sekitar 22 menit.
Mengobati DBD (Demam Berdarah)
Daun pepaya dapat dimanfaatkan untuk mengobati demam berdarah karena kandungan didalamnya. Cara pengaplikasiannya yaitu dengan mengambil lima (5) lembar daun pepaya kemudian rebus dengan tiga (3) gelas air, rebus hingga air hanya tersisa satu (1) gelas saja. Kemudian minum rebusan tadi, dan lebih baik jangan mengonsumsi ini secara berlebihan.
Mengobati Nyeri Haid
Daun pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati nyeri haid yang sedang terjadi pada perempuan, caranya dengan menyiapkan satu lembar daun pepaya, asam jawa, dan garam. Lalu campur ketiga bahan itu dan rebus hingga mendidih (matang), lalu rebusan diminum saat masih anget.

Melancarkan Pencernaan
Bagi Anda yang sedang mengalami gangguan pencernaan seperti diare, diapet, dll dapat memanfaatkan daun pepaya sebagai obatnya. Karena daun pepaya mengandung karpain yang berfungsi membantu membunuh mikro organisme yang mengganggu dalam proses pencernaan. Bisa dengan memakan daun pepaya secara langsung atau jadi lalapan makanan.

Meningkatkan Nafsu Makan
Biasanya daun pepaya digunakan sebagai lalap pelengkap makanan menemani sambel. Dan ternyata daun pepaya dapat untuk meningkatkan nafsu makan. Caranya dengan menyiapkan daun pepaya segar (ukuran telapak tangan), garam, dan air hangat 1/2 cangkir. Kemudian campur, tumbuk, blender bahan tersebut, kemudian saring dan minum airnya.

Sekarang kita sudah Mengetahui Manfaat Daun Pepaya jadi kita bisa lebih memaksimalkan seluruh bagian dari pepaya, dan semoga informasi diatas dapat dicerna dengan baik.